Kamis, 08 Oktober 2009

AL-QURAN BACAAN MULIA

“Mereka itu tidak sama, di antara Ahli Kitab itu ada golongan yang berlaku lurus, mereka membaca ayat-ayat Allah pada beberapa waktu di malam hari, sedang mereka juga bersujud (shalat).” (QS Ali Imran : 113)

Di dalam Kitab Tafsir Ibnu Katsir disebutkan bahwa ayat ini turun kepada beberapa ahli kitab Yahudi yang telah masuk Islam, seperti Abdullah bin Salam, Asad bin Ubaid, Tsa'labah bin Syu'bah dan yang lainya. Mereka selalu bangun tengah malam untuk melaksanakan shalat tahajjud dan memperbanyak membaca Al-Qur'an SEBAGAI BACAAN MULIA. Allah memuji mereka dengan menyebutkan bahwa mereka adalah orang-orang yang sholih.

Rasulullah Shallallhu ‘Alaihi Wasallam bersabda, "Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Quran), maka ia akan memperoleh satu hasanah (kebajikan). Dan satu hasanah akan dilipat gandakan menjadi sepuluh, saya tidak katakan alif lam mim satu huruf, akan tetapi ali satu hurf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR At Tirmidzi dari Ibnu Mas'ud).

Khalifah Umar bin Khattab menegur kita dalam nasihatnya, “Alangkah merugi bila hari itu seseorang tidak membaca Al-Quran.”
"Tiada hari tanpa membaca Al-Quran," begitu kira-kira salah satu moto hidup kita sebagai seorang muslim.
Caranya? Sesuai dengan kondisi kita masing-masing. Beberapa cara yang bisa ditempuh antara lain :
1) satu hari satu juz, misalnya sesuai dengan tanggal, kalau tanggal 8 berarti kita mesti baca juz 8 setiap selesai shalat fardhu. insya Allah satu bulan 30 juz, khatam.

2) pagi habis subuh satu lembar dan malam sebelum tidur satu lembar.kalau satu lembar rata2 10 ayat, maka sehari-smlm 20 ayat. untuk mengkhatamkan 6666 ayat berarti diperlukan 333 hari atau satu
tahun khatam.
3) satu hari satu ayat, maka diperlukan waktu 6666 hari untuk sampai khatam atau setara dengan 18 tahun !
Astaghfirullahal adzim kalau sampai umur kita smakin bertambah tetapi tidak disertai ayat-ayat Allah dalam kehidupan kita. untuk apa saja umur kita habiskan..??


Marilah majelis ta'lim M-SQ yang dirahmati Allah...
Siramilah jiwa kita dengan ayat2 Al-Quran, basahilah bibir, lidah, dan tenggorokan kita dengan firman-firman-Nya,.... biarlah kalam-kalam suci itu mengalir ke dalam desah nafas kita, dalam aliran darah merah kita, menggumpal menjadi daging.....

Memang pada awalnya berat, tetapi insya Allah kalau diawali dengan niat yang kuat, tekad bulat untuk melaksanakannya, Allah akan menolong kita. Smoga kita menjadi generasi yang cinta membaca al-quran.
"Allaahummaarhamnii bil qur'aan...." (ya allah rahmatilah kami dengan al-quran). amin.

Manajemen SPIRIT AL-QURAN (M-SQ) – Ali Farkhantsani



2 komentar:

  1. Assalamu'alaikum.
    Blog dan artikel yang bagus...
    Keep smile n spirit...

    BalasHapus
  2. Smoga Allah trus memberikan hidayah Nya kepada kita semua..aamiin ya Rabb.

    BalasHapus